China yang merupakan negara dengan penduduk terpadat didunia itu memiliki kemampuan perekonomian dengan tumbuh paling pesat. Kempemimpinan China telah memperbaharui perekonomian China sejak akhir 1978 melalui ekonomi terencana dari Rusia yang dulunya bernama Uni Soviet ke ekonomi yang memiliki pasaran terbaik akan tetapi masih dalam kerangka kerja politik yang kaku dari Partai Komunis.

Seiring berjalannya waktu pertumbuhan perekonomian di negeri tempat Tembok Raksasa China ini semakin membaik dan itu tak terlepas dari penekanan peningkatan sistem perekonomian pemerintah dalam meningkatkan pendapatan pribadi serta konsumsi dalam memperkenalkan sistem manajemen baru yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

Pemerintah China juga tak suka menekankan kesamarataan dalam memulai mengembangkan ekonominya, hmmmm. Mungkin itulah sebabnya perekonomian China semakin lama semakin baik, tak heran juga ya jika usaha-usaha seperti kue pernikahan di China sangat baik dan memiliki daya pikat yang baik.

Tak hanya cara itu lho pemerintah China meningkatkan perekonomiannya, pemerintah negeri tirai bambu ini juga begitu fokus dalam memulai bisnis perdagangan dengan negeri-negeri tetangga dan ini bisa dijadikan sebagai jembatan utama dalam bertumbuhnya perekonomian pesat di China, lebih dari 2000 Zona Ekonomi Khusus milik China telah tersebar dalam pemerintahaan China yang dimana hukum investasi lebih longgar dalam menarik modal asing.

Alhasil, rencana ketat pemerintah China terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia terjadi pada 1978 yang dimana PDB meningkat empat kali lipat dan di tahun 1999 dengan jumlah populasi 1,25 miliar orang dan PDB hanya $3.800 per kapita.

Dengan hasil tersebut China menduduki peringkat ketiga di dunia dalam ekonomi segi daya beli dan keenam terbesar di dunia dalam segi nilai tukar, Sekitar 7-8% meningkat per tahun merupakan angka pertumbuhan perekonomian pesat di China dan ini merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian tercepat di dunia berdasarkan statistik pemerintah China.

Mulai dari awal 2002 hingga sekarang ini China menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia, mungkin itulah alasan produk-produk kebanyakan terbuat dari China dan ada tulisan ‘Made In China’,  sekarang ini handphone aja buatan China, motor juga kebanyakan dari China dan malah bisa diprediksi bahwa di masa depan China bisa menguasai perekonomian dunia, jadi anda harus pintar-pintar dalam berbahasa Mandarin sebab siapa tahu saja anda bisa berguna nanti.

Categories: Blog, News

Leave a Reply